Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Bacaan Niat dan Doa

Tribuncianjur.com – Sholat Tahajud adalah ibadah yang dilakukan di sepertiga malam untuk meminta kepada Allah atas apa yang di inginkan oleh seseorang.

Seringkali kita melakukan sholat tahajud hanya disaat sedang mempunyai keinginan ataupun sedang menghadapi suatu masalah.

Padahal ibadah satu ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kehidupan jika dilakukan secara rutin.

Orang yang rajin Sholat tahajud maka akan dimudahkan segala urusannya oleh Allah dalam hal apapun, belum lagi pahala yang luar biasa.

Sholat tahajud adalah waktu yang tepat untuk kita berinteraksi dengan Allah karena pada spertiga malam adalah waktu yang khusyu untuk beribadah.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki beberapa dampak positif dalam hidup diantaranya:

1. Mendapatkan ridha Allah

Orang yang rutin melakukan sholat tahajud diyakini akan mendapatkan ridha Allah.

2. Menghapus dosa

Sholat tahajud dipercayai dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

3. Mendapatkan petunjuk

Sholat tahajud dapat membantu seseorang untuk mendapatkan petunjuk dan solusi dari Allah dalam mengatasi masalah hidup.

4. Mendapatkan keberkahan

Melakukan sholat tahajud dapat membantu seseorang untuk memperoleh keberkahan dalam hidupnya.

5. Memperkuat iman

Sholat tahajud dapat membantu memperkuat iman dan taqwa seseorang.

Keutamaan yang tercantum di atas adalah pandangan dalam Islam dan bisa berbeda-beda menurut interpretasi masing-masing individu.

Tata Cara Sholat Tahajud

  1. Bersihkan diri dari hadats besar dan kecil
  2. Berwudhu
  3. Berdiri di tempat sholat
  4. Membaca doa sholat tahajud
  5. Melakukan takbiratul ihram (mengucapkan “Allahu Akbar”) dan memulai sholat dengan 2 rakaat
  6. Setelah selesai 2 rakaat, duduk diantara 2 rakaat dan membaca doa seperti doa iftitah
  7. Lanjutkan dengan 4 rakaat lainnya dan setiap 2 rakaat duduk diantara 2 rakaat dan membaca doa
  8. Setelah selesai 6 rakaat, duduk membaca doa selesai sholat sampai akhir
    Setelah itu berdiri dan melakukan salam untuk mengakhiri sholat tahajud.

Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajud

Niat sholat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
(Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa)

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Doa Sholat Tahajud

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin: Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, laka mulku samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu, anta malikus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu, antal haqqu, wawa’dukal haqqu, waliqaa uka haqqun, waqauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wannabbiyuuna haqqun, wa muhammadun sallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun, wassa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika hakamtu, faghfir lii maa qaddamtu wa maa akhrartu, wamaa asrartu wamaa a’lantu, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya.

Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Penguasa langit dan bumi. Bagimulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar.

Ya Allah, hanya kepadaMulah saya berserah diri, kepada-Mulah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal. Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum.

Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada tuhan melainkan Engkau”.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *