Sejarah dan Mitos Situs Gunung Padang Cianjur, Lebih Tua Dari Piramida Mesir

Tribuncianjur.com – Tahukah kalian bahwa di Indonesia terdapat situs megalitikum yang usianya lebih tua dari Piramida Mesir.

Situs ini dinamakan Situs Gunung Padang yang lokasinya berada di Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Sejarahwan Indonesia memperkirakan situs gunung padang sudah ada sejak 8000 sebelum masehi yang berarti jauh lebih tua dari piramida di mesir yang dibangun pada jaman 2500 sebelum masehi.

Dinamakan Gunung Padang diambil dari bahasa Sunda yang artinya Gunung Bercahaya.

Sejarah Situs gunung Padang

Keberadaan Situs Gunung Padang dilaporkan pertama kali oleh Nicolaas Johannes Krom dalam Rapporten Oudheidkundige Dienst pada tahun 1914.

Kemudian, Krom melaporkan bahwa di puncak Gunung Padang yang berdekatan dengan Gunung Melati terdapat empat teras yang tersusun dari batu kasar dan dihiasi batu andesit berbentuk lingga (batu tegak). Di setiap teras, terdapat gundukan tanah yang ditimbuni batu.

Situs Gunung Padang ini ditemukan kembali pada tahun 1979. Beberapa perwakilan warga pun melaporkan keberadaan Situs Gunung Padang ini kepada pemerintah.

Semenjak saat itulah, pemerintah mulai melakukan konservasi dan penelitian terhadap Situs Gunung Padang.

Dari serangkaian penelitian diketahui bahwa Situs Gunung Padang dibangun antara abad IV-XVI oleh masyarakat penganut tradisi megalit. Berdasarkan naskah Sunda Kuno, tempat suci semacam ini disebut “kabuyutan”. Tradisi megalit ini terus berlanjut ke masa Hindu-Budha. Sumber kemdikbud.go.id

Mitos Gunung Padang

Banyak yang meyakini bahwa situs gunung padang dulunya adalah patilasan kerajaan Padjajaran khususnya Prabu Siliwangi.

Situs Gunung Padang dijadikan sebagai lokasi pemujaan pada saat itu oleh Prabu Siliwangi.

Selain itu masyarakat juga meyakini bahwa didalam situs Gunung Padang terdapat sebuah kuil yang sering digunakan sebagai tempat bertapa para leluhur.

Gunung Padang menjadi tempat sakral di Cianjur selain Gunung Gede dan makam Cikundul dan diyakini ketiga tempat ini saling berkaitan patilasan Prabu Siliwangi dan para alim ulama leluhur dari tanah Sunda.

Situs Gunung Padang diyakini menjadi tempat paling modern dan populer pada masanya.

Fakta Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang berada diatas bukit yang bentuknya segitiga seperti piramida.

Menurut para ahli sejarah ukuran Gunung Padang 10x lebih besar dan 3x lebih tinggi dari Candi borobudur.

Terdapat reruntuhan situs megalitikum dipuncak bukit Gunung Padang.

Usia Gunung Padang lebih tua dari piramida mesir dan sudah diteliti oleh berbagai ahli sejarah dari dalam dan luar negri.

Nah itulah ulasan mengenai Situs Gunung Padang, saat ini pemerintah setempat menjadikan situs Gunung Padang sebagai cagar budaya sekaligus menjadi tempat wisata umum meski tak sepopuler candi borobudur.

 


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *